SLIDE MASTER DI POWER POINT

 Setiap presentasi setidaknya berisi satu master slide.  Slide master bermanfaat ketika kita ingin melakukan perubahan pada slide master, maka perubahan tersebut berlaku pada seluruh slide yang ada dalam presentasi.  Dan tentunya, kita menghemat banyak waktu daripada menuliskan informasi yang sama pada seluruh slide yang ada.

Slide master dapat diartikan sebagai slide pertama dalam sederatan slide yang menyimpan informasi tentang tema dan tata letak slide presentasi, termasuk latar belakang, warna, font, efek, ukuran placeholder dan perataan.

Buatlah slide master sebelum mulai membuat masing-masing slide individu. Ketika sebuah slide master dibuat, maka semua slide yang ditambahkan pada presentasi akan didasarkan pada slide master dan tata letak terkait.

Pada contoh kali ini akan dibuat dua buah slide master yang digunakan untuk menempatkan slide-slide materi dan slide evaluasi.

Slide Master Materi

Slide master materi


Slide Master Evaluasi
Slide master evaluasi


Cara Membuat slide master

1.       Buka satu presentasi baru
2.       Pilih tab View – Slide Master

Slide master

3.       Untuk  menambahkan slide master lagi, pada tab slide master  pilih Insert Slide Master

Insert Slide Master
Kemudian desainlah setiap slide master yang dibuat sehingga sesuai dengan keinginan kita. Contohnya slide master di atas untuk menempatkan slide-slide materi dan slide master satu lagi untuk menempatkan slide-slide evaluasi.

Selanjutnya bagaimana menggunakan slide master tersebut?
Kembalilah ke View-Normal
Buat sebuah slide, kemudian klik kanan tab slide tersebut dan pilih Layout. Maka akan ditampilkan style dari Slide master yang dibuat. Untuk membuat slide-slide materi pilih salah satu style dari slide master materi. Demikian juga ketika akan menggunakan slide master evaluasi. Mudah bukan?
Layout Slide Master
Ingat, untuk melakukan perubahan, pastikan perubahannya dilakukan di slide master. Sangat menghemat waktu, apalagi jika kita bekerja dengan banyak slide.