Asskum...
Senang rasanya bisa jumpa lagi dan saling berbagi dengan siapa saja yang mampir disini. Di postingan sebelumnya kita juga sudah ulas banyak hal tentang oprak-oprek atau bedah file installer aplikasi.

Jadi di kesempatan kali ini kita mencoba belajar untuk lebih kreatif lagi dengan membuat aplikasi sederhana sendiri.

Trik ini bisa kita pakai untuk mempermudah teman yang kesulitan dalam hal modding yang kadang harus mengektrak dan meletakkan file secara manual di folder tertentu. Jadi kalau file-file tersebut sudah di kemas atau dijadikan aplikasi hanya dengan sekali install semua proses bisa dilakukan tanpa harus mengApply Patches Open4All atau mengektrak file secara manual.


Cekidot...

Download alatnya:

SisEditor


Step_
1. Downloud, install dan jalankan SisEditor.

2. Klik Pilihan >> New sis file >> OK. Tentukan lokasi penyimpanan dan langsung beri nama file dengan dengan ektensi xxx.sis (misal, BabarO'on.sis) lalu OK.

3. Package name, isi sesuai keinginan. Nama ini nanti akan jadi nama penginstallan.
Sedangkan Package UID ikuti yang sudah ada saja, tapi kalau mau merubahnya juga silahkan. Tidak ada yang marah ko'. Hee... mrgreen

4. Version, Language, Unique Vendor name dan Localised Vendor name isi sesuai keinginan kamu.

5. Install type, pilih Installation(SA) atau kalau ingin merubah juga silahkan.

6. Target device, kalau untuk umum atau suport all symbian s60v3 devices pilih s60 3rd Edition devices. Tapi kalau ingin merubah Klik tombol tengah >> Pilihan >> Add device.

7. File list, nah di disinilah yang perlu kita kerja dengan seksama. Karena kita akan memasukan file-file yang nantinya akan di tentukan di drive atau di folder mana file tersebut akan terinstall.

- Buka File list >> Klik Pilihan >> Add. Cari file yang ingin di tambah dan tekan OK.
- Klik tombol tengah pada file hasil Add untuk mengedit attributenya. Pada kolom target file, isi sesuai target yang di inginkan. Tanda !: berarti apabila aplikasi di install akan ada pilihan di Drive mana aplikasi akan di install(C/E). Sedangkan untuk tanda \ sebagai penentu folder dan sub folder untuk tujuan file installasi. Kalau selesai di edit klik kembali dan simpan perubahan.
Atau bisa pelajari DISINI untuk lebih detailnya di tahap ini.

8. Apabila semua file sudah di tambah dan tujuan penginstallannya juga sudah benar silahkan kembali ke halaman awal SisEditor.
Klik pilihan >> Save file.


9. Selesai.

Silahkan di install aplikasinya kalau ingin melihat seperti apa hasilnya. Hee.... mrgreen


Note:
Ini merupakan trik paling sederhana dan silahkan di kembangkan lagi sesuai kebutuhan masing-masing untuk tujuan dan keperluan masing-masing juga tentunya.

Cuma ini yang bisa O'on sampaikan mohon maaf kalau ada kekurangan. Semoga bisa bermanfaat....
sumber